Selasa, 05 Mei 2009

Kenapa Memilih

Saya mau menulis tentang kesadaran yang berhubungan dengan teman saya bertanya di FB “mengapa kita harus memilih?”.
Konsep Humanistik-Eksistensialis tentang kesadaran bahwa manusia memiliki kesadaran untuk menyadari dirinya sendiri. Kesadaran manusia sifatnya unik, artinya kesadaran manusia terdahadap diri bersifar individualis yang berbeda dengan individu lainnya sehingga kesadaran individu yang satu tidak bisa disamakan dengan individu lain. Kesadaran individu ini mendorong seseorang untuk berfikir dan kebebasan memutuskan alternative-alternatif dalam kerangka pembatasnya adalah suatu aspek yang esensial pada manusia. Para eksistensialis menekankan bahwa setiap kesadaran akan kebebasan mengambil keputusan tetap dalam kerangka tanggung jawab.
Kebebasan dan tanggungjawab bisa menimbulkan kecemasan. Kecemasan eksistensialis juga bisa disebabkan oleh kesadaran akan keterbatasan dan atas kemungkian yang tak terhindarkan untuk mati (nonbeing). Kesadaran atas kematian mempunyai arti penting bagi kebebasan kehidupan sekarang.
Tujuan terapi eksistensialisme adalah agar klien mengalami keberadaannya secara otentik. Terdapat tiga karakteristik dari keberadaan otentik: 1) menyadari keberadaan sekarang sepenuhnya, 2)memilih bagaimana hidup pada saat sekarang, 3) memikul tanggungjawab untuk memilih. Jadi, klien yang neurotic adalah orang yagn kehilangan rasa ada tujuan terapi adalah membantunya untuk memperoleh dan menemukan kembali keberadaan otentik/kemanusiaan yang hilang.

Kesadaran diri
Kesadaran diri membedakan manusia dari makhluk tuhan lainnya. Semakin tinggi kesadaran dirinya semakin, semakin ia hidup sebagai pribadi yang berbeda. Dengan demikian meningkatkan kesadaran diri berarti meningkatkan kesanggupan untuk mengalami kehidupan secara penuh sebagai manusia. Kesadaran manusia membukakan beberapa hal:
Kita makhluk tuhan yang terbatas
Kita memiliki potensi
Kita memiliki suatu ukuran pilihan tindakan yang akan diambil
Kita pada dasarnya sendirian, tetapi memiliki kebutuhan untuk berhubungan dengan orang lain
Makna adalah sesuatu yang tidak diperoleh begitu saja melainkan merupakan hasil pencarian
Kecemasan eksistesial adalah bagian hidup sebab meningkatnya kesadaran untuk memilih maka mengalami peningkatan tanggungjawab atas konsekuensi memilih
Kecemasan timbul dari penerimaan ketidak pastian masa depan

2 komentar:

pa-eng mengatakan...

Wah bagus Fit. Q jadi ingat Avatar Aang episode King Pheonix. Aang sudah tahu tugas dirinya, dia tahu siapa musuhnya, dia tahu musuhnya harus diapakan. Tapi dia bingung ketika harus melakukan tugas itu, karena sebagai biksu ia tidak boleh membunuh.
Ternyata bukan sekedar mengetahui siapa diri kita, musuh diri kita, dan apa yang harus dilakukan, tapi juga membutuhkan ketegasan dan keberanian untuk melakukannya.

Mufid mengatakan...

benel banget eng, belani ma olang lain seling kita jumpai dalam hidup ini. namun kita seling kulang belani menghadapi pelubahan pada dili sendili..